SmallBusiness

urun rembug soal bisnis, wirausaha, sedikit curhat and hepi-hepi

Sunday, January 14, 2007

Sun Flower, Usaha Kecil Yang Mulai Menuai Hasil



Setelah cukup lama aku posting cerita-cerita santai, kayaknya kali ini perlu juga aku posting artikel bisnis. Buat ngasih semangat para calon wirausahawan/wati atau siapa aja yang baru mulai membangun kerajaan bisnisnya... :)

Yang aku bikin contoh kali ini adalah adik kandungku sendiri yang tinggal di Surabaya. Dia biasa dipanggil Mbak Risma, Tante Risma atau Bu Risma. Yaa...suka-sukalah...
Bakat jualan emang udah dimilikinya sejak kecil. Kayaknya mewarisi mendiang Ibu yang semasa beliau masih hidup, menjadi penjahit pakaian wanita dan anak-anak sekaligus mengoperasikan sebuah warung kelontong.

Keluarga kami cuma sebuah keluarga sederhana, jadi uang saku sekolah buatku dan adik-adikku pun pas-pasan aja deh.. Jadi buat nambah uang saku, aku dan Risma yang saat itu mulai menginjak remaja musti cari obyekan sendiri.
Mulai bikin persewaan buku, jualan kartu ucapan, bikin gantungan kunci dari kayu pinus, bikin bross dari pita jepang, dll.
Cuma, Risma masih ada obyekan lain yaitu bantuin mendiang Ibu ngobras bahan pakaian yang mau dijahit.

Bakat menjahit itu sempat dimanfaatkan buat cari tambahan penghasilan saat tinggal di Surabaya setelah menikah. Yaitu dengan menerima pesanan pembuatan gorden. Tapi usaha itu nggak bertahan lama karena fisiknya emang nggak cukup bagus, jadi sering sakit-sakitan. Akhirnya usaha itu pun terpaksa ditutup. Sayang emang, karena udah mulai dikenal di lingkungan rumah maupun relasi-relasi suaminya.

Tapi semangatnya untuk jadi seorang entrepreneur tetap nggak goyah. Hingga pada suatu malam dia kirim sms, bilang kalo mau buka warung.

Ternyata esok harinya, tepatnya pada tanggal 8 Desember 2003 dia buka sebuah kios mungil ukuran 2x2,5 m2 di pertokoan Kartika Niaga yang terletak di Kebraon, Surabaya. Dia kasih nama kiosnya itu "Sun Flower," karena dia suka banget dengan segala macem pernak-pernik bergambar bunga matahari.



Dia khusus jualan aksesoris buat kaum wanita dan anak-anak. Mulai jepit rambut sampe tas buat kondangan ibu-ibu. Meskipun dalam perkembangannya dia juga jualan aneka pernak-pernik, dari boneka sampe jam dinding bahkan jas hujan.
Sebenernya jualan barang-barang macem itu bukan hal baru buat dia, karena waktu dia masih SMA dulu sering bantu aku jualan di kios punyaku yang khusus jualan souvenir dan aksesoris.
Jadi dia tahu persis, bahwa keuntungannya bisa sampe 100%, bahkan lebih.

Itulah yang membuat dia memutuskan untuk mengikuti jejakku, jualan aksesoris.
Bulan-bulan pertama tekor melulu, kadang sampe minus karena buat nutup biaya transportasi aja nggak cukup. Belum lagi pedagang-pedagang di sekitarnya yang rata-rata jualan baju biasa usil ngomentari, mosok sih cuma jualan barang-barang sepele yang untung perbijinya cuma dikit.

Tapi berkat kesabaran. keuletan dan kemampuannya dalam berdagang, maka sedikit demi sedikit omsetnya mulai bergerak naik. Hingga kemudian dia berani sewa 2 kios yang terletak di depan kiosnya untuk menampung barang dagangannya yang kian bertambah banyak. Tapi saat ini satu kios aku pinjem buat jualan tas.



Kalo diitung-itung, perjuangannya itu sudah berjalan 3 tahun dan saat ini mulai memasuki tahun ke-4. Sebuah perjalanan yang nggak singkat dan ringan. Apalagi seperti aku tulis di atas, adikku ini fisiknya cukup lemah. Kalo kecapekan gampang banget jatuh sakit. Dan kalo sampe jatuh sakit, sebagian kiosnya terpaksa harus ditutup karena dia cuma punya seorang pegawai aja. Sehingga otomatis omsetnya akan turun drastis.
Jadi dia juga harus bisa mengontrol kondisi fisiknya sendiri biar tetep fit.

Kini usahanya itu udah mulai menampakkan hasil. Dengan omset antara Rp 8-13 juta per-bulan dan margin keuntungan antara 30-50%, kayaknya cukup setimpal atas perjuangannya selama ini.
Dengan pendapatan segitu kini dia bisa ngasih uang saku buat adikku yang bungsu yang sekarang kuliah di ITS Surabaya. Buat uang jajannya aja, nggak kurang dari Rp 800 ribu per-bulan, belum lain-lainnya seperti buku dsb.

Sebagai perbandingan aja, buat seorang lulusan SMA yang bekerja di sebuah perusahaan nasional, setelah 3 tahun bekerja kira-kira berapa gaji yang bakalan diterima?

Saat ini, Risma sedang mempersiapkan untuk membuka sebuah kios lagi awal bulan depan. Rencananya kios yang disewa untuk 1 tahun itu buat jualan pakaian dalam wanita. Mm... layak untuk dikunjungi nih... :)

Jadi mulai bulan depan kesibukannya jelas bertambah. Karena selain mengoperasikan 3 kios miliknya, dia juga aku percaya untuk mengoperasikan 2 kios punyaku (kios tas dan pusat kado) yang masih berada dalam satu kawasan pertokoan di situ.

Jadi seorang wirausahawan/wati emang gak bisa sesantai seorang pegawai. Tapi kalo bisa punya pendapatan lebih banyak, ya... siapa takut ?!

-Salam Wirausaha-

Masfiq

Sun Flower

Pertokoan Kartika Niaga
Lantai 2 no. H-8

Jl. Griya Kebraon Selatan FA 38
Surabaya

6 Comments:

  • At 7:45 AM , Blogger Luluk Amalia said...

    Assalamualaikum wr wb,
    gimana cara nya kalo mo ikutan bukan kios aksesorisnya?
    Maturnuwun

     
  • At 10:31 AM , Blogger Serly said...

    saya pengen buka usaha aksesoris,mohon bantuannya klo ambil barang dimana? coz tempat kerja saya jauh so berangkat lebih dulu dan pulang lebih malam maklum masih kul, dan thu mank cita2 saya pengen jadi ibu rumah tangga sepenuhnya dan punya usaha sendiri untuk bantu2.mohon bantuannya ya

     
  • At 2:44 AM , Anonymous karya unik said...

    sangat menarik postingannya. salam kunjungan

     
  • At 12:46 AM , Blogger M. Taufiq Aryanto said...

    @luluk amalia : wa'alaikumsalam wr wb. maaf saya jarang nengok blog ini karena kesibukan kerjaan. buka kios aksesoris gak susah koq. sediain tempat yg deket sekolah smp atau sma atau di tempat strategis lainnya. kulakan cukup di pasar johar, di toko "amanda", "marem", "barokah" dll. tapi kalo mau jumlah besar bisa di pasar "asemka" jakarta atau mangga dua. atau, di "pgs" surabaya. ok?

     
  • At 12:49 AM , Blogger M. Taufiq Aryanto said...

    @serly : wah tinggalnya di mana ya? coba bisa diliat dulu komen saya buat @luluk, kali aja bisa dikit membantu... :)

     
  • At 12:49 AM , Blogger M. Taufiq Aryanto said...

    @karya unik: salam juga, dan thx ya,...

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Kanji Learning

Bookmark and Share

 

Matur Tengkyu (Terima Kasih) Atas Kunjungan Anda