SmallBusiness

urun rembug soal bisnis, wirausaha, sedikit curhat and hepi-hepi

Sunday, December 10, 2006

Tangki Siap Kirim, Shacho..!



Di perusahaan tempatku kerja biasanya tiap orang, baik orang Jepang maupun orang Indonesia punya job sendiri-sendiri. Ada spesialis las, tukang merakit, finishing, quality control dll.

Nah,.. aku mungkin bisa dibilang sebagai si anak tiri, alias gak punya spesialisasi job. Aku bisa masuk di semua bagian. Kalo hari ini asyik ngelas, besok bisa jadi aku masuk bagian finishing. Besoknya lagi, bisa aja aku lagi serius memeriksa barang yang mau dikirim (quality control).
Achi-kochi bakkari..(kesana-kemari melulu), sungguh capek..sueer..!



Cuma sebenernya sih, sebagian besar job-ku adalah mindahin barang. Sepele ? Mungkin...
Kalo ada plat besi atau baja untuk bahan pembuatan tangki datang, aku dibantu beberapa temen nurunin plat-plat tersebut dari truk pengangkut untuk dibawa masuk ke pabrik. Panjangnya bisa sampe 13 meter dengan lebar sekitar 4 meter. Plat yang ini sih beratnya bisa sampe sekitar 3 ton per-lembar. Untuk mengangkatnya, pake crane ukuran 5 ton - 30 ton, tergantung berapa lembar yang mau diangkat.

Kadang ngangkat tangki berbobot puluhan ton. Dulu pernah juga tiap hari bikin jungkir balik tangki-tangki ukuran 5 ton.

Bahaya ? Jelas. Aku pernah nginep di rumah sakit dan libur selama 1 bulan gara-gara ketimpa tutup tangki seberat 2-3 ton dengan diameter 4 meter lebih. Alhamdulillah... hari ini masih bisa bikin postingan blog... :)

Karena tiap hari mengoperasikan crane, aku dianggep yang mbahurekso crane di pabrik..ha..ha.. Selain crane, tiap hari nyopir forklift mindahin barang aapa aja deh.. Cuma jin dan demit yang belon sempet aku pindahin.. :D
Kadang-kadang nyopir truk, juga dalam rangka mindah-mindahin barang. Bagi yang pengen pindah rumah, bisa hubungi aku. Nanti rumah sampeyan aku pindahin pake forklift..



Minggu lalu, tangki gas ukuran 47 ton mau dikirim. Semua udah dicat putih bersih dan udah dikasih tulisan. Tapi haikan (pipa-pipa) di bagian kaki masih tampak kotor. Tiap sambungan tampak menghitam bekas las. Harus dibersihkan dengan asam. Karena yang laen masih sibuk, aku lagi deh yang jadi korban, disuruh bersihin pipa-pipa tersebut...#$%*?!.. (kesel)..

Setelah aku lumuri asam, gosok-gosok, dilap pake kain basah, finally... cling..! Mengkilap, bro..!
Puas deh..
Mo dekita, Shacho..! (Udah beres, Boss! ).. Tangki siap dikirim.
Selanjutnya, soal pengiriman tangki tersebut di-handle perusahaan lain. Aku ganti job lagi, nyiapin komponen-komponen tangki yang mau dirakit. Ganti-ganti teruuss... Biar pusing dah..
Selamat jalan tangki-ku, sayonara.. hiks..

From Shikoku With Love And Peace,

Masfiq

7 Comments:

  • At 10:47 PM , Blogger budiyono said...

    Gila...
    Keren Masfiq, gak tiap orang mampu tuh. Wah, apalagi pose2nya itu lho! wahahaha.. sip! sip!

    besok nek pindah rumah aku minta tulung ya. hehehe

     
  • At 6:45 PM , Blogger M. Taufiq Aryanto said...

    Beress Boss,...

     
  • At 7:30 PM , Blogger dalbobogel said...

    wehhh sugoyyy nehh...klo di indo bisa jadi superviser nee.... tapi klo di jpn bisa bisa jadi klengerrrr campur ngilerrrrr. kan tiap hari acii kociii.. bakari.apalagi di tambah ketiban tutup tengki 2 ton lagi hebat2 itulah toni dengan segudang impianya waktu di miyoshi.good luck just 4 u

     
  • At 12:10 AM , Blogger yahoo said...

    Mlm...bisa ga join job with me, gi butuh kerjaan nich...

     
  • At 12:11 AM , Blogger yahoo said...

    Selamat mlm Mr, boleh kita minta informasi mengenai pekerjaan di situ?

     
  • At 11:05 AM , Blogger M. Taufiq Aryanto said...

    kerjaannya sih bukun aneka macem tanki : tanki gas, tanki kimia, tanki bir untuk pabrik2 bir besar di jepang, tanki udara bertekanan tinggi, dll. Semuanya adalah pesenan pabrik2 besar di jepang.

     
  • At 9:29 PM , Blogger Unknown said...

    upload di youtube dong mas. cara membuat dasar / tutup tangki nya dong. yg plat berbentuk cembung itu.
    mesin polong platnya pakai gas / plasma cutter ? bagi2 ilmunya dong.
    kontak yah, 2ba69e33. salam pekerja keras.

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Kanji Learning

Bookmark and Share

 

Matur Tengkyu (Terima Kasih) Atas Kunjungan Anda