SmallBusiness

urun rembug soal bisnis, wirausaha, sedikit curhat and hepi-hepi

Thursday, November 02, 2006

Menyerbu Konpira San-Kotohira

Konpira San

Tik..tik..tik.. Gawat maan..! Gerimis nggak juga berhenti. Padahal udah jam 09.00, saatnya rencana penyerbuan harus dijalankan. Setelah nunggu dengan harap-harap cemas, akhirnya.. jling.. hujan brenti dengan sukses menjelang jam 10.00. Meski mentari tetep nggak mau nongol juga, Arigatou Kamisama (thanks God) !




Yap, kita punya rencana mau menyerbu tempat wisata di wilayah Kotohira, Kagawa-Ken yang berjudul Konpira San. Hari Minggu, 29 Oktober 2006. Anggota team elite cukup 3 ekor doang, yaitu aku, Wiyanto and Den Baguse Yuli.

Jam 10.00 thit, team bergerak menuju stasiun dengan ranpur (kendaraan tempur) yang bernama wind bike. Namanya keren ya? Nama lainnya, sepeda pancal.. ha..ha..
Sebagai penyamaran, kita pasang penampilan ala turis dengan senjata Sony handycam dan Canon ixy digital. Dilengkapi pula dengan sport drinks satu gendul (sebotol).
Sayang, penampilan Yuli sedikit melenceng dari dress code. Dia malah lebih mirip yakuza daripada turis.. hiks..

Tepat jam 10.45, densha (kreta listrik) berangkat menuju Kotohira. Sampe di target area kita langsung turun dari kereta. Maka dimulailah aksi shoot sana-sini, jepret sana-sini. Serbuu..!


Konpira San dahulunya sebelum masa restorasi Meiji adalah sebuah kompleks kuil Buddha. Tetapi pada masa restorasi Meiji kemudian berubah menjadi kuil Shinto. Kini menjadi daerah tujuan wisata ziarah paling terkenal di Pulau Shikoku yang dikunjungi oleh ratusan hingga ribuan orang per-hari.
Karena letaknya yang di perbukitan, maka untuk mencapai kompleks tersebut hingga kuil teratas kita harus mendaki anak tangga yang jumlah seluruhnya mencapai 1.368 anak tangga. Nggak percaya? Itung aja sendiri.. Pokoknya sampe atas ditanggung krenggosan abiss..



Dari areal parkir di bagian bawah hingga main gate (Daimon), kita dihibur dengan adanya toko-toko cinderamata yang berderet di kanan-kiri jalan hingga lupa dengan rasa capek akibat mendaki anak tangga yang cukup curam. Sampai di Asahi-sha (kuil Asahi) yang merupakan kuil terbesar di Konpira San kita istirohat sambil potrek sana potrek sini.





Abis itu jalan lagi sampai anak tangga ke-785 yang merupakan lokasi Hon-guu (kuil utama). Dengan pelataran yang luas, cocok buat tempat istirohat lagi deh.. Apalagi dari situ bisa lihat kota Kotohira di bawah. Malah ada teropongnya lagi..Siip..! Dengan teropong itu kita juga bisa lihat tahi lalat di pipi masinis kereta listrik..*halah..bo'ong ding..*.. he..he..


Setelah istirohat cukup lama, hiking dilanjutkan menyusuri jalan setapak yang terus menanjak, menembus hutan. Jangan khawatir kehausan, disediain tempat khusus untuk minum koq. Berupa bak tandon air minum yang dilengkapi gayung dari kayu untuk mengambil air minum tersebut. Berjalan kaki di bawah kerimbunan pohon-pohon besar rasanya teduh, tenteram, pokok-e asyik gitu loh..



Setelah mendaki dengan penuh perjuangan dan do'a *halah..* sampe juga kita di penghujung acara (kayak siaran tipi aja), yaitu Izutama Jinja atau Oku-sha yang merupakan kuil paling atas, pol, mentok di kompleks Konpira San. Tepatnya 583 anak tangga dari Hon-guu (kuil utama).
Di sini kita istirohat lagi. Eh..perasaan dari tadi koq istirohat melulu ya,.. Yo ben ah..
Lokasi Izutama Jinja dibilang mentok ya emang iya, soalnya udah gak ada jalan terus lagi. Jadi ya harus balik kanan maju jalan, gitu..


Setelah penyerbuan yang sukses di Konpira San, baru terasa perut keroncongan campursari alias lapeer berat. Akhirnya kita mendarat di sebuah warung Udon (mie Udon). Asal tahu aja, Kagawa-Ken terkenal dengan Sanuki Udon-nya yang uenak tenaan..


Setelah perut kenyang, balik lagi ke stasiun dan selanjutnya tancep gas, pulang kampoeng..
Sampe apartment jelas-kudu-harus-mesti masuk O-furo (berendam air panas di bathtub). Biar capek cepet ilang, biar besok bisa brangkat kerja dengan seger..

Oyasumi..

1 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Kanji Learning

Bookmark and Share

 

Matur Tengkyu (Terima Kasih) Atas Kunjungan Anda