SmallBusiness

urun rembug soal bisnis, wirausaha, sedikit curhat and hepi-hepi

Monday, October 09, 2006

Nonton Chousa Matsuri


Chousa Matsuri



Udah 2 minggu aku nggak masuk kerja. Suntuuk banget.. Abisnya aku khan gak kemana-mana, stay at home terus. Namanya lagi sakit ya nggak bebas keluyuran dong,..
Kebetulan aku denger hari Minggu akan ada matsuri di Toyohama, agak jauh juga dari sini.
Sebagai penggemar matsuri, sayang kalo gak datang ke acara tersebut.

Setelah dipikir-pikir, daripada kepikiran terus malah jadi epilepsi, ya akhirnya aku putuskan nekat berangkat aja-lah..

Lagian, rencananya mulai hari Selasa depan aku mau coba masuk kerja setelah pulang dari Rumah Sakit untuk kontrol rutin. Jadi aku harus pemanasan dulu, gerak badan biar badanku nggak kaget (halah..alesyaan...).

Hari Minggu 8 Oktober 2006 pagi aku dandan rapi, shuut..shuut.. semprot badan pake Polo Ralph Lauren. Hmm.. wangi abizz..

Tas tempur?..Siap! Canon Ixy digital 6.0 MegaPxl?..Siap! Sun glasses?..Siap! Yup, ..GO!

Jam 10.30 pagi I rode my bike yang bener-bener bike-lah..alias sepeda pancal. Keren abiss..
Adegan ini tidak untuk ditiru di Indonesia tanpa pengawasan instruktur yang berpengalaman. Suer..! Pasti bikin orang ketawa sepanjang jalan. Mosok seh, tampilan model Alain Delon koq mancal sepeda, emangnya Oemar Bakri.
Tapi just relax maan.. ini di Jepun! Di sini orang pake setelan jas berdasi naik sepeda udah jamak. Apalagi di kota-kota besar.

Yess.. aku sampe di eki (stasiun kereta). Sepeda parkir dulu, terus beli tiket, terus.. here we go!
Takut kesiangan, aku naik Tokkyuu (Limited Express)..wuss.. Cepet sih, tapi mahal. Aku musti bayar 850 Yen (sekitar Rp 64.000,-) untuk perjalanan yang cuma 25 menit. Kalo pake Futsuu Densha (local train) cuma 540 Yen.
Yah, inilah Shikoku, serba mahal. Kalo di Honshu (pulau utama Jepang), naik kereta jarak pendek relatif lebih murah. Tiket kereta Limited Express sama Local (berhenti di tiap stasiun) harganya sama saja.

Jam 11.35 sampe di stasiun Toyohama, sebuah kota kecil setingkat kota kecamatan yang berada di pinggir laut, stasiun kedua Kagawa-Ken dari perbatasan Kagawa-Ken dengan Ehime-Ken.
Dari stasiun aku jalan kaki sampe pelabuhan yang menjadi tempat penyelenggaraan Chousa Matsuri. Fiuuh.. aku sampe ngos-ngosan. Capek.

Kata orang di stasiun sih nggak begitu jauh. Orang Jawa bilang "mung sak udutan" (cuma seisapan rokok). Kalo pake mobil emang deket, lha ini pake dengkul ya.. $#%^XX?!! (sorry bahasa umpatan harus disensor).
Mungkin aja rokoknya jenis rokok siong dan kalo disulut mati melulu, makanya nggak sampe-sampe. Bener-bener .. @#$?! (sorry lagi..).

Di pelabuhan ramai terdengar suara "Dang..dung..dang..dung.. !" . Bunyi bedug mikoshi ditabuh kenceng-kenceng.
Masing-masing kelompok yang mewakili kelurahan di wilayah kecamatan Toyohama menarik mikoshi mereka sambil berlari dan berteriak.. "Chousa..Chousa..Chousa..! !".


Di air, beberapa perahu yang dihias dengan bendera warna-warni ikut meramaikan acara dengan berkonvoi berputar-putar. Pokok-e meriah..

Berbeda dengan acara serupa di tempat lain, di sini setiap kelompok bukan hanya terdiri dari laki-laki dewasa saja, tapi ibu-ibu, embah-embah, sampe balita ikut juga. Ini mah family all out.. Hidup Embah..! Hidup Oek-oek..!

Pengunjung juga ada yang datang dari kota-kota sekitar. Yang dari jauh kayaknya sih gak banyak. Salah satunya ya aku. Termasuk pengunjung nekat, wong sakit koq kluyuran sampe jauh.. Sstt.. jangan bilang siapa-siapa ya,..

Sayang, aku nggak sampe selesai nontonnya. Khawatir pulang kemaleman, aku langsung cabut..! Pulang deh..

Yaah.. capek juga, tapi pikiran udah seger lagi nih.. Seharian lihat-lihat pemandangan, lihat-lihat none-none Jepun yang cute, jepret sana-sini buat modal posting lain waktu, pokok-e Siip !

Tunggu aja laporan berikutnya dari Channel 5. . :)

From Shikoku with Love and Peace,

Masfiq

2 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Kanji Learning

Bookmark and Share

 

Matur Tengkyu (Terima Kasih) Atas Kunjungan Anda