SmallBusiness

urun rembug soal bisnis, wirausaha, sedikit curhat and hepi-hepi

Sunday, December 31, 2006

Warteg ala Jepang



Kemaren Sabtu, kita lembur setengah hari. Sebenernya sih sejak Jumat juga udah masuk liburan musim dingin. Cuma, aku dan beberapa temen emang disuruh lembur sampe Sabtu dengan acara mindahin plat-plat besi yang beratnya 3,7 ton per-lembar.

Sabtu jam 12.00 siang seluruh pekerjaan selesai. Boss ngajak kita makan siang bersama di restoran Joyfull, sebuah warteg ala Jepang. Untuk ukuran Jepang, harga makanan dan minuman di situ tergolong murah meriah.

Meskipun begitu, jangan dibayangin kalo kondisi Joyfull kayak warteg-warteg di Indonesia yang sangat sederhana, malah ada juga yang kumuh lho,..
Soalnya penampilan fisik maupun pelayanannya nggak kalah dengan restoran fastfood macem Mek Donal, Piza Hat, Dankin Donat dan sebangsanya.

Setelah mantap dengan menu yang kita pilih, kita pencet tombol di atas meja.."ting..tung..!".. jadi ingat acara cerdas cermat di TVRI doeloe.. he..he...
Nomor meja kita muncul di panel elektronik di dinding ruangan. Dalam hitungan detik, seorang pelayan cowok yang masih muda datang untuk mencatat menu yang kita pesan.
Tapi dia nggak mencatatnya di atas kertas nota, melainkan di sebuah alat macem PDA. Dari alat itu keluar selembar kertas nota yang menerangkan menu yang kita pesan berikut harganya.
Canggih, rek...!

Nggak lama kemudian datanglah makanan yang kita pesan secara berurutan. Mulai dari salad, menu utama, cemilan-cemilan maupun cemolan-cemolan, dan diakhiri dengan salam..eh.. dengan ice cream, ding....
Minumnya kita pilih drink bar. Jadi kita bebas ngambil sendiri minuman yang kita suka. Ada Mountain Dew, Orange Juice, Calpis Water, Teh dan Kopi panas maupun dingin, pokoknya mau nambah ya tinggal ambil sendiri. Harga drink bar per-orang sebenarnya 140 Yen, tapi kalo kita punya kupon diskon dari Joyfull, maka cukup bayar 80 Yen per-orang. Ngirit khan ?

Tapi karena kali ini Boss yang traktir, kita gak pake kupon. Mau habis banyak ya mbok biarin aja, yang penting kita kenyang ...
Ternyata bayarnya juga nggak mahal-mahal amat, namanya juga makan di warteg... :)

Mmmm.. kalo dipikir-pikir, model bisnis resto yang dijalankan oleh Joyfull sangat menarik untuk dipelajari. Bayangin aja, meski margin keuntungan relatif kecil tapi dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak bahkan sering rame, akhirnya khan untung besar juga. Buktinya, jaringan restoran Joyfull udah sampe ke mana-mana.

Salah satu kelebihan dibandingkan dengan restoran Jepang lainnya adalah kenyamanan yang ditawarkan oleh Joyfull. Sekedar untuk diketahui aja, berlama-lama saat makan di suatu restoran/warung makan adalah hal yang kurang lazim di Jepang. Malah banyak warung Udon (mie Jepang) yang kalo kita makan di situ harus makan sambil berdiri karena nggak ada kursinya. Begitu udon tandas masuk ke perut ya harus langsung cabut.. eh.. jangan lupa bayar dulu..

Kalo di restoran fastfood macem Mek Donal dll sih nggak apa-apa, tapi khan nggak semua orang Jepang suka menu masakan asing kayak burger, donat, fried chicken dsb.

Naa.. Joyfull menawarkan menu masakan Jepang dan Eropa/Amerika kayak Karage, Yakiniku, Salad, Steak, French Fries, Corn Soup, dll. Dan enaknya kita bisa santai di situ, ngerumpi atau ngobrol ngalor-ngidul-ngetan-ngulon sampe bundhet atau sampe bibir jadi seksi kayak punya si Mandra juga nggak masalah. Makanya, banyak anak-anak muda yang suka nongkrong di situ. Khususnya yang lagi merenda asmara.. hi..hi..

Kembali ke acara makan siang bersama, kita terus terang memanfaatkan aji mumpung. Mumpung ada yang mbayarin, kita pesen makanan macem-macem. Yaah.. kapan lagi ada kesempatan kayak gini? Ya toh..?


Setelah semua makanan dan minuman kita babat habis tanpa sisa, akhirnya kita beranjak dari tempat duduk masing-masing. Keluar dari restoran kita sempat ngobrol sebentar, terus acara siang itu ditutup dengan saling beri salam sebelum akhirnya kita bubaran dengan perut kenyang. Arigatou, Shachou..

Mulai besok (maksudnya hari ini, Minggu), kita resmi libur dalam rangka fuyu yasumi (liburan musim dingin).
Merdeka..!!

-dari shikoku yang makin dingin-

Masfiq

5 Comments:

  • At 10:56 AM , Blogger Unknown said...

    Euenak tenan ya mas... Selamat Tahun Baru 2007!!!

     
  • At 6:16 PM , Blogger Adi said...

    ramen itotsu .. eh gak ada ya :) .. akemashite omedetou

     
  • At 12:34 AM , Blogger lawabiroe said...

    wadowww,,, maraki ngelihhh...
    hehehe

     
  • At 12:30 PM , Blogger budiyono said...

    walah uenake..
    eh tapi aku makanan jepang rodo gak seneng ding. hehehe
    HokBen wae yo gak doyan. :(

     
  • At 7:58 AM , Blogger Luluk Amalia said...

    HMMMMMMMMMMM, kapan yah bisa buka warteg gitu dengan menu wong semarang ning semarang????????

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Kanji Learning

Bookmark and Share

 

Matur Tengkyu (Terima Kasih) Atas Kunjungan Anda