SmallBusiness

urun rembug soal bisnis, wirausaha, sedikit curhat and hepi-hepi

Sunday, July 09, 2006

Peluang Bisnis Online

Promosi Bisnis Online

Secara umum, bisnis online di Indonesia memang belum memasyarakat.
Kendalanya banyak sekali. Di antaranya, biaya akses internet di Indonesia yang relatif masih mahal, bahkan jika dibandingkan dengan beberapa negara maju sekalipun.
Selain itu, kurangnya pemahaman masyarakat tentang internet dan manfaatnya, juga adanya kendala bahasa turut menjadi sebab kurang populernya bisnis online dalam masyarakat kita. Karena untuk menjadi seorang internet marketer, sedikitnya harus mengerti bahasa Inggris meski tidak harus mahir.
Dan sejauh ini jarang kita dapatkan promosi atau ajakan untuk menjalankan bisnis online yang dilakukan secara off-line.

Jadi kalau disisir terus, makin banyak kita temukan kendala yang menyebabkan bisnis online belum begitu populer di Indonesia. Bisa-bisa malah kita sendiri jadi ikutan pesimis dan urung untuk terjun dalam bisnis online.
Padahal, jumlah pengguna internet di Indonesia diperkirakan mencapai 20 juta orang dan terus mengalami peningkatan secara pesat.

Jumlah Pengguna Internet

Menurut Internet World Stats pada 31 Desember 2005, jumlah pengguna internet di dunia sudah lebih dari 1 milyar orang, atau 15,7% dari jumlah penduduk sedunia. Jadi pada periode tahun 2000-2005 telah mengalami peningkatan sebesar 182%.
Dari jumlah tersebut, terbanyak di Asia yang mencapai 364.270.713 orang.
Jika kita melihat dari data tersebut, maka jelas bahwa peluang untuk menjalankan bisnis lewat internet masih terbuka sangat lebar.



Ingat, internet bersifat global. Jadi pembeli produk barang atau jasa yang kita tawarkan di internet bukan hanya orang Indonesia, tapi bisa jadi orang dari Eropa, Amerika, Afrika atau lainnya.
Berbeda kalau kita buka toko di rumah secara konvensional, pembelinya mungkin hanya tetangga sendiri atau orang yang kebetulan lewat di depan toko kita.
Jika kita buka "toko online" atau menjalankan bisnis online lainnya dari rumah, pasar kita luar biasa besar dan tak terbatas.
Jadi,kenapa kita tidak manfaatkan saja peluang emas ini?

Asian Brain-Internet Marketing Center

Jika sudah ada minat tapi belum paham tentang bisnis online/internet marketing, kita bisa belajar terlebih dahulu. Misalnya, belajar secara online di Asian Brain-Internet Marketing Center, sebuah pusat bimbingan belajar internet marketing dengan fasilitas dan pelayanan yang terpadu, dan sejauh ini masih yang terbaik di Indonesia.
Memang benar jika dikatakan bahwa sukses sebuah karir di bidang bisnis online/internet marketing diawali dengan pendidikan tentang internet marketing.

Dengan peluang bisnis seperti ini, sayang kalau kita hanya lewatkan saja sebagai penonton di pinggir lapangan. Kenapa kita tidak masuk duluan sebagai pemain, jadi saat orang lain nanti ikutan jadi pemain khan kita sudah mahir seperti "Zidane" yang toekang bola itu... :-)

Salam sukses-sesukses-suksesnya,

M.Taufiq Aryanto

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Kanji Learning

Bookmark and Share

 

Matur Tengkyu (Terima Kasih) Atas Kunjungan Anda