SmallBusiness

urun rembug soal bisnis, wirausaha, sedikit curhat and hepi-hepi

Sunday, June 11, 2006

Sejarah Fleamarket

Marche Aux Puces

Fleamarket memiliki sejarah yang cukup panjang, yaitu lebih dari seabad.
Tidak ada yang tahu pasti asal nama "fleamarket" maupun lokasi pertama diselenggarakannya fleamarket.
Tetapi diyakini bahwa fleamarket berasal dari daratan Eropa, tepatnya di Paris, Perancis sekitar tahun 1860.
Sebuah sumber mengatakan bahwa "fleamarket" berasal dari kata "marche aux puces" sebuah pasar terbuka di Paris,Perancis. Saat itu banyak perabotan rumah tangga yang terpaksa diobral di pasar terbuka karena dihinggapi serangga/kutu (flea/wingless bloodsucker).
Dalam buku "Flea Markets in Europe" yang diterbitkan oleh Chartwell Books disebutkan bahwa pada masa pemerintahan Kaisar Napoleon III, arsitek kekaisaran Hausmann merencanakan untuk membangun jalan (boulevards) yang diapit oleh deretan rumah sepanjang jalan tersebut di pusat kota Paris yang bisa digunakan untuk parade militer.




Rencana tersebut memaksa para pedagang barang bekas di tempat tersebut hengkang (flee) ke tempat lain, karena tempat mereka digusur. Namun mereka tetap diijinkan untuk meneruskan usaha mereka tanpa diganggu lagi, di sebelah Utara kota Paris, di depan gerbang Porte de Clignancourt.
Kios pertama didirikan sekitar tahun 1860. Tempat berkumpulnya kios-kios milik para pedagang yang terusir dari Paris ini kemudian dinamai "Marche Aux Puces" yang diterjemahkan menjadi "Flee Market".

Fenomena Fleamarket

Fleamarket yang merupakan sebuah fasilitas bagi siapapun untuk menawarkan dagangannya dengan cara menyewa "booth" (petak untuk berdagang) telah menjadi sebuah fenomena yang nenakjubkan di berbagai belahan dunia.
Tiap negara memiliki penamaan sendiri untuk fleamarket. Yunani kuno menyebutnya Agora, Roma menyebutnya Forum, Jepang menyebutnya Furiimaaketto/furiimaa dan masih banyak lagi nama lain bagi fleamarket.
Fleamarket adalah tempat pembibitan ideal bagi calon pengusaha, di mana setiap orang memiliki kesempatan untuk memulai bisnis dan melatih kemampuannya dalam berwirausaha dengan modal relatif kecil.

Fleamarket di Amerika dan Jepang




Di Amerika Serikat kini terdapat ribuan fleamarket dengan lebih dari sejuta "vendor" (pedagang yang menyewa booth di fleamarket) dan lebih dari seratus juta pengunjung tahunan.
Di Jepang, fleamarket dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini cukup populer bagi masyarakat setempat. Fleamarket yang di selenggarakan di Tokyo, Osaka (Osaka Business Park,Banpaku,Nanko), Kobe (Port Island, Meriken Park) dan kota-kota lain di Jepang selalu dipenuhi pengunjung.
Tentu saya sangat berharap bahwa fleamarket suatu saat nanti akan muncul, tumbuh dan berkembang di Indonesia. Dari situ bukan hanya perputaran uang saja yang kita bicarakan, tetapi mimpi tentang munculnya pebisnis-pebisnis tangguh masa depan yang akan memperkuat perekonomian negeri ini.

masfiq_21@yahoo.com

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Kanji Learning

Bookmark and Share

 

Matur Tengkyu (Terima Kasih) Atas Kunjungan Anda