Jembatan Akashi Kaikyou Oohashi
foto : akashi kaikyou oohashi, maiko, kobe
Runtuhnya Jembatan Kutai Kertanegara pada Sabtu 26 Nopember 2011 lalu, bikin aku inget lagi tentang jembatan sejenis yang ada di Jepang. Namanya “Akashi Kaikyou Oohashi” atau “Pearl Bridge” yang mulai dibangun pada bulan Mei 1986 dan diresmikan pada 5 April 1998.
Jembatan yang menghubungkan Maiko, Kobe, Propinsi Hyougo-Ken di Pulau Honshu dengan Iwaya di Pulau “Awaji Shima” yang juga masih Propinsi Hyougo-Ken, panjang totalnya 3.911 m dan bentang tengah nyampe 1.991 m. Diameter kabelnya aja 112 cm..guede rek.... Jembatan didesain untuk tahan terpaan angin berkecepatan 286 km/jam dan goyangan gempa sebesar 8,5 skala Richter.
Kebetulan pas peresmiannya, aku sempetin datang. Woow…megahnya… dilengkapi dengan museum, restoran dan taman di bawahnya,... suer… keren banget...
Jembatan yang keliatan megah di siang hari akan nampak eksotik pada malam hari dengan hiasan lampu-lampunya yang cantik. Variasi nyala lampu-lampu itu diatur pake komputer lho,...
Kemegahan Jembatan Akashi Kaikyou Oohashi dan jembatan-jembatan lain di Jepang adalah hasil perencanaan serta pengerjaan yang cermat dan matang, juga pengawasan yang ketat.
foto : bersama para junior di akashi kaikyou oohashi
foto : bareng para senior di kamitsu oohashi, itami-shi
foto : di jembatan marugame, kagawa-ken
foto : di bawah jembatan port island, kobe
Ahli-ahli jembatan kita rasanya sih nggak kalah sama Jepang. Bedanya, di sini waktu jembatan dibangun aja udah rawan penyelewengan. Trus, perawatannya nggak maksimal.
Malah Jembatan Suramadu yang segede itu aja besi-besi komponen dan baut-bautnya hampir tiap hari dicolong maling nggak lama setelah diresmikan. Demi perut, sebagian masyarakat kita nggak peduli lagi nyawa orang lain yang melintas di jembatan itu. Miris......
Smoga petaka runtuhnya jembatan di negeri ini nggak terjadi lagi..
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home